Tuesday, November 12, 2013

Seputar tentang Spandex

Seputar tentang Spandex

¤ Spandex = Lycra

¤ Lycra nama trademark dari Du-Pond Invista

¤ Spandex nama generik nya yang dipakai oleh pabrik selain pemilik trademark

¤ Spandex ada banyak bahan dasar yang dipakai seperti cotton (katun), nylon dll.

¤ Spandex Doff = Bahan spandex nylon yang berwarna doff atau dikenal spandex matte. Banyak dipake buat baju senam/renang.

¤ Spandex Nylon = Bahan spandex nylon yang berwarna mengkilat atau dikenal spandex shiny dan bisa juga spandex tricot. Banyak dipakai buat baju senam/renang yang berciri mengkilat/shiny. Ada Spandex Nylon Grade A yaitu bahan nya premium quality (Lebih mengkilat) kadang disebut Spandex Wet Look.

¤ Spandex Cotton = Bahan spandex cotton bahan dasar nya katun, biasanya dipake buat bahan legging.

¤ Bahan Spandex tidak sama dengan bahan stocking/pantyhose. Stocking/pantyhose dibuat dengan mesin knitting untuk membentuknya sehingga tanpa sambungan atau seamless. Untuk membentuk zentai memakai bahan spandex diperlukan beberapa potongan pola lalu dijahit menjadi satu. Rasanya sangat sulit mencari zentai yang berbahan mirip stocking/pantyhose.

¤ Bahan Latex sangat sulit dicari di Indonesia, padahal negara kita produsen karet terbesar di dunia, sungguh aneh. Untuk membentuk menjadi zentai dari latex memerlukan mesin press pemanas khusus yang biasa dipakai buat jas hujan. Jadi tidak bisa dijahit seperti kain. Karena latex sifat nya tidak menyerap kaya kain, memakai memerlukan ruangan ber-AC. Kalo tidak bisa mati kepanasan dan mandi keringat. Emang sih keliatannya keren, tapi iklim di Indonesia tidak cocok.

Semoga infonya berguna ;)

No comments: